Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Mikologi Indonesia?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Tentang Jurnal Mikologi Indonesia (JMI) online

JMI adalah jurnal online yang mempublikasikan review, artikel penelitian, paper metodologi, kajian taksonomi seperti monograf, dan ceklist yang relevan dengan mikologi. Bahasa yang digunakan dalam jurnal ini adalah Bahasa Indonesia. Bahasa Inggris digunakan hanya untuk terjemahan pada bagian judul dan abstrak.

Penyiapan Artikel – Persyaratan Umum

Sebuah proses yang tepat dan cepat membutuhkan naskan yang bersih baik dari segi konten ilmiah dan formatnya. Informasi mengenai layout dapat di download tautan bawah ini atau mengacu pada artikel yang baru diterbitkan oleh JMI

Secara umum, teks utama dalam naskah, termasuk ilustrasi harus ditulis menggunakan jenis huruf Times New Roman (TNR), 12 pt, spasi single. Nama latin dari spesies, genus dan tingkat klasifikasi yang lebih tinggi harus ditulis dalam bentuk miring (italic). Hyphena-tion harus dihindari (matikan hyphenation otomatis).

Tidak ada format khusus yang harus digunakan. Semua halaman harus diberi nomor di sudut kanan bawah dari setiap halaman. Setelah penerumaan dari artikel yang memiliki nama ilmiah baru, penulis harus mendaftarkan nama tersebut dalam Index Fungorum dan mendapatkan Index Fungorum number dari masing-masing nama baru (lihat www.indexfungorum.org) atau MycoBank number (lihat www.mycobank.org) dan Faces of Fungi Number (untuk masing-masing taxa, lihat www.facesfungi.org)

Pengiriman Artikel / Manuskrip

Artikel wajib dikirimkan secara elektronik oleh penulis kepada alamat editor JMI: jmi@mikoina.or.id dalam bentuk lampiran di email. JMI hanya akan menerima artikel yang sesuai dengan regulasi Jurnal. Artikel yang dikirimkan tidak sesuai dengan templat jurnal yang sudah ada, akan dikembalikan untuk diformat ulang oleh penulis sesuai dengan templat JMI. Unduh TEMPLAT JURNAL JMI

Petunjuk pengiriman online

Pengiriman tahap pertama

File-file yang dibutuhkan:

  1. File dalam bentuk Ms. Word yang terstruktur / format artikel berisikan teks lengkap termasuk tabel dan gambar
  2. File dalam bentuk PDF yang terstruktur / format artikel berisikan teks lengkap termasuk tabel dan gambar untuk tujuan review
  3. Tuliskan nama, afiliasi dan email dari dua IRefereesI potensial.

Penting: Gambar dan tabel harus ditempatkan di naskah pada bagian poin yang tepat dimana penulis ingin melihat gambar dan tabel tersebut ditampilkan.

Pengiriman Naskan yang telah direvisi

Artikel yang diterima harus direvisi dan dikirimkan kembali dengan mengikuti instruksi format yang diminta dan dikirimkan sebagai versi akhir revisi dan siap untuk dipublikasi dengan kualitas gambar dan tabel yang baik. Jika artikel tidak sesuai dengan gaya penulisan JMI dalam hal struktur dan format maka artikel akan dikirimkan kembali untuk re-format.

Gambar di versi revisi harus dipisahkan dalam format JPEG. Gambar elektronik harus diambil pada resolusi 300dpi atau di atasnya. Gambar yang memuat beberapa gambar struktur morfologi jamur dsb., harus disiapkan di Photoshop atau CorelDraw atau program editing gambar lainnya. Jangan menyiapkan gambar dengan Microsoft Word.

Biaya Halaman

Tidah ada penarikan biaya oleh JMI untuk publikasi meskipun terdapat halaman yang berwarna.

Tabel, Gambar dan Ilustrasi

Tabel wajib disiapkan dengan format dari fitur Ms Word dan pastikan bahwa masing-masing data dimasukkan secara manual, tidak menggunakan tab, spasi, grafis dan kotak. Tabel dan Ilustrasi harus di rujuk ke dalam teks. 

Harap dicatat bahwa semua hal di atas dan kolom kiri harus dimulai dengan huruf Besar/Kapital. Jangan gunakan garis vertikal di table.

Semua teks berupa paragraf harus menggunakan rata kiri. Untu data numerik hanya menyelaraskan kolom angka dengan poin desimal.tuliskan Nol sebelum titik desimal angka kurang dari satu (seperti 0,1)

Referensi

Tulis referensi sesuai dengan permintaan template JMI, dimana semua kutipan harus ditulis menurut urutan abjad.

Proofs

Proof dari artikel akan dikirimkan dalam format PDF melalui email dari penulis. Dokumen Proof harus dicek oleh penulis secara terperinci, dan dikebalikan kepada editor JMI dalam 5 hari kerja. Tim editorial JMI tidak bertanggung jawab apabila terdapat kesalahan dalam artikel jika dalam lima hari penulis tidak mengembalikan artikelnya

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.