Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Mikologi Indonesia?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Tentang Jurnal Mikologi Indonesia (JMI) online

JMI adalah jurnal online yang mempublikasikan review, artikel penelitian, paper metodologi, kajian taksonomi seperti monograf, dan ceklist yang relevan dengan mikologi. Bahasa yang digunakan dalam jurnal ini adalah Bahasa Indonesia. Bahasa Inggris digunakan hanya untuk terjemahan pada bagian judul dan abstrak.

Penyiapan Artikel – Persyaratan Umum

Sebuah proses yang tepat dan cepat membutuhkan naskan yang bersih baik dari segi konten ilmiah dan formatnya. Informasi mengenai layout dapat di download tautan bawah ini atau mengacu pada artikel yang baru diterbitkan oleh JMI

Secara umum, teks utama dalam naskah, termasuk ilustrasi harus ditulis menggunakan jenis huruf Times New Roman (TNR), 12 pt, spasi single. Nama latin dari spesies, genus dan tingkat klasifikasi yang lebih tinggi harus ditulis dalam bentuk miring (italic). Hyphena-tion harus dihindari (matikan hyphenation otomatis).

Tidak ada format khusus yang harus digunakan. Semua halaman harus diberi nomor di sudut kanan bawah dari setiap halaman. Setelah penerumaan dari artikel yang memiliki nama ilmiah baru, penulis harus mendaftarkan nama tersebut dalam Index Fungorum dan mendapatkan Index Fungorum number dari masing-masing nama baru (lihat www.indexfungorum.org) atau MycoBank number (lihat www.mycobank.org) dan Faces of Fungi Number (untuk masing-masing taxa, lihat www.facesfungi.org).

FORMAT NASKAH

Naskah yang dikirim ke redaksi hendaknya diketik menggunakan program Ms. Word, dengan format penulisan ukuran kertas A4, semua batas tepi 1 inch pada setiap sisi, satu kolom, Times New Roman (TNR), 12 poin, jarak baris 1,5 spasi. Artikel ditulis dengan bagian dan sistematika sebagai berikut: judul Bahasa indonesia, judul Bahasa inggris, nama dan alamat penulis (by lines), abstrak berbahasa Indonesia dan Inggris, pendahuluan, metode penelitian, hasil, pembahasan, ucapan terima kasih (tidak selalu ada), dan pustaka.

Judul (title); judul ditulis secara ringkas dan mencerminkan isi, terdiri atas 10-15 kata. Judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Nama dan alamat penulis (by-lines); semua nama penulis ditulis secara jelas; penulis pertama ditulis paling awal dan berturut-turut penulis kedua, ketiga dan seterusnya. Nama harus ditulis secara lengkap, jika nama terlalu panjang, nama bagian tengah boleh disingkat. Contoh:

Riza Zainudin Ahmad dapat ditulis Riza Z Ahmad, namun TIDAK BOLEH DITULIS Riza Zainudin A atau Riza ZA

Alamat korespondensi ditulis pada catatan kaki.

Abstrak berbahasa Indonesia dan Inggris (Abstract). Abstrak memuat intisari artikel, berisi pengantar (tujuan), metode, hasil dan ringkasan diskusi (simpulan). Dalam abstrak tidak diperkenankan terdapat rujukan pustaka. Abstrak ditulis dalam bentuk satu paragraf dan tidak boleh melebihi 250 kata. Di bagian akhir abstrak dicantumkan 3–5 kata kunci.

Pendahuluan (Introduction); pendahuluan mencakup tentang latar belakang masalah dalam penelitian, yaitu apa penelitian Anda dan mengapa penelitian itu dilakukan. Uraian ini didukung dengan kajian pustaka yang berupa data-data dari sumber lain, penelitian sejenis, atau penelitian sebelumnya. Pendahuluan dijelaskan secara singkat dan tujuan penelitian untuk menjelaskan atau memecahkan masalah penelitian.

Metode Penelitian (Materials and Methods); bagian ini berisi penjelasan mengenai waktu, tempat, teknik dan metode penelitian. Metode penelitian dituliskan dengan menggunakan sub-judul. Metode harus dijelaskan selengkap mungkin agar peneliti lain dapat melakukan verifikasi. Acuan (referensi) diberikan untuk metode yang kurang dikenal.

Hasil (Results); hasil berisi paparan temuan penelitian. Bagian ini bisa secara utuh ditulis tanpa sub-judul, atau dengan sub-judul disesuaikan dengan sub-judul pada metoda. Tidak boleh ada pustaka yang disitasi pada bagian ini. Data yang disajikan adalah data yang sudah diolah dan siap dibaca untuk menjawab tujuan penelitian (bukan data mentah), selain itu untuk memperjelas dapat diberikan ilustrasi berupa gambar dan tabel.

Persamaan Matematis, dikemukakan dengan jelas dan diketik menggunakan program untuk formula, misalnya Equation atau Math Type. Setiap persamaan dilengkapi dengan nomor persamaan yang ditulis di pojok kanan.

Tabel dan gambar harus dicantumkan, kemudian secara berurutan diberi nomor dan diacu berurutan dalam naskah, judul ditulis dengan singkat dan jelas. Judul tabel diletakkan di bagian atas tabel, sedangkan judul gambar diletakkan di bagian bawah gambar. Ilustrasi berupa gambar meliputi foto, grafik, peta, dan bagan. Ilustrasi berupa gambar dan foto di kirim terpisah dengan naskah. Foto harus memiliki resolusi yang tinggi (1200 pixel ) sehingga citra yang dihasilkan tajam dan jelas.

Nama ilmiah; nama ilmiah ditulis sesuai kaidah penulisan ilmiah menurut ICZN untuk tata nama hewan, ICN untuk tata nama tumbuhan, jamur, dan algae demikian juga untuk virus dan bakteri harus sesuai dengan tata nama virus dan bakteri.

Satuan, pengukuran secara kuantitatif menggunakan Satuan Internasional

Pembahasan (Discussion): Bagian ini adalah bagian penting dalam membandingkan dan menjelaskan temuan dari penelitian ini dengan penelitian-penelitian yang pernah dipublikasikan. Hal-hal yang dibahas adalah temuan utama dari penelitian ini, bukan hasil penelitian lain yang sudah dipublikasi. Seperti halnya paparan hasil, pembahasan juga ditulis dalam bentuk paragraf. Simpulan penelitian ditulis pada paragraph terakhir dari pembahasan. Simpulan penelitian ditulis secara ringkas dan jelas. 

Ucapan terima kasih (Acknowledgement) (tidak selalu ada); ucapan terima kasih dapat diberikan kepada pihak-pihak yang secara langsung membantu penelitian.

Pustaka (References); daftar pustaka memuat semua pustaka yang diacu langsung dalam naskah. Penulisannya menggunakan sistem APA (Nama, Tahun). Setidaknya lebih dari 80% dari pustaka yang diacu merupakan sumber acuan primer (jurnal hasil penelitian) dan mutakhir, yaitu ±10 tahun terakhir. Hindari penulisan daftar pustaka dari buku atau yang sifatnya seperti bahan kuliah dan tidak mengutip pekerjaan orang lain, seperti xxx 2000 dalam yyy 1994.

CONTOH PENULISAN  DAFTAR PUSTAKA:

Buku:

Nama authors, Tahun. Judul buku. Nama Penerbit

Singleton, P. (2004). Bacteria in biology, biotechnology and medicine (6th edition). John Wiley.

Artikel dalam Jurnal:

Nama penulis, Tahun. Judul artikel. Nama Jurnal, Volume(Nomor), halaman.

Al-Dhabi, N.A., Esmail, G.A., Duraipandiyan, V. & Arasu, M.V. (2019). Chemical profiling of Streptomyces sp. Al-Dhabi-2 recovered from an extreme environment in Saudi Arabia as a novel drug source for medical and industrial applications. Saudi Journal of Biological Sciences, 26(4), 758–766. https://doi.org/10.1016/j.sjbs.2019.03.009

Dezfully, N. K. & Ramanayaka, J. G. (2015). Isolation, identification and assessment of the antimicrobial activity of Streptomyces flavogriseus, Strain ACTK2, from a soil sample from Kodagu, Karnataka State in India. Jundishapur Journal of Microbiology, 8(2), e15107. https://doi.org/10.5812/jjm.15107

(Nama jurnal ditulis sesuai dengan petunjuk pengutipan jurnal masing-masing)

Tulisan dari Buku dengan banyak penulis (masing-masing menulis bab yang berbeda):

Nama penulis, Tahun. Judul bab/tulisan. Dalam/in Nama Editor. Judul Buku. Halaman. Nama Penerbit

Yokoyama, T., Masuda, H., Suzuki, M., Ehara, K., Nogi, K., Fuji, M., Fukui, T., Suzuki, H., Tatami, J., Hayashi, K., & Toda, K. (2012). Basic properties and measuring method of nanoparticle. In M. Hosokawa, M. Naito, K. Nogi, & T. Yokoyama (Eds.), Nanoparticle technology handbook (2nd edition, pp. 3–48). Elsevier. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/C2010-0-69564-2 

Procceedings/Prosiding

Sabir, D. K. (2018). Synergistic Effect of Silver Nanoparticles Combined With Different Antibiotics Against Multidrug-Resistant Acinetobacter Baumannii Strain H72721. ICNS Proceeding, 2018 (1), 7–11. Disampaikan pada Seminar ….., Bogor 11-12 Juni 2018. https://doi.org/10.31530/17028

Disertasi/Thesis/Skripsi

Rosyidah, A. (2013). Pengaruh pemberian ekstrak daun tempuyung terhadap akumulasi kalsium oksalat pada ginjal menit (Mus musculus) (Thesis). Universitas Brawijaya.

Website

Tacconelli, T. & Magrini, N. (2017). WHO publishes list of bacteria for which new antibiotics are urgently needed. WHO. https://www.who.int/medicines/publications/WHO-PPL-Short_Summary_25Feb-ET_NM_WHO.pdf?ua=1. Diakses tanggal 1 Juni 2020.

www.indexfungorum.org -2020

Pengiriman Artikel / Manuskrip

JMI hanya akan menerima artikel yang sesuai dengan regulasi Jurnal. Artikel yang dikirimkan tidak sesuai dengan templat jurnal yang sudah ada, akan dikembalikan untuk diformat ulang oleh penulis sesuai dengan templat JMI. Unduh TEMPLAT JURNAL JMI

Petunjuk pengiriman online

Pengiriman tahap pertama

File-file yang dibutuhkan:

  1. File dalam bentuk Ms. Word yang terstruktur / format artikel berisikan teks lengkap termasuk tabel dan gambar.
  2. File dalam bentuk PDF yang terstruktur / format artikel berisikan teks lengkap termasuk tabel dan gambar untuk tujuan review.
  3. Tuliskan nama, afiliasi dan email dari dua Referees potensial.

Penting: Gambar dan tabel harus ditempatkan di naskah pada bagian poin yang tepat dimana penulis ingin melihat gambar dan tabel tersebut ditampilkan.

Pengiriman Naskan yang telah direvisi

Artikel yang diterima harus direvisi dan dikirimkan kembali dengan mengikuti instruksi format yang diminta dan dikirimkan sebagai versi akhir revisi dan siap untuk dipublikasi dengan kualitas gambar dan tabel yang baik. Jika artikel tidak sesuai dengan gaya penulisan JMI dalam hal struktur dan format maka artikel akan dikirimkan kembali untuk re-format.

Gambar di versi revisi harus dipisahkan dalam format JPEG. Gambar elektronik harus diambil pada resolusi 300dpi atau di atasnya. Gambar yang memuat beberapa gambar struktur morfologi jamur dsb., harus disiapkan di Photoshop atau CorelDraw atau program editing gambar lainnya. Jangan menyiapkan gambar dengan Microsoft Word.

Biaya Halaman

Tidah ada penarikan biaya oleh JMI untuk publikasi meskipun terdapat halaman yang berwarna.

Tabel, Gambar dan Ilustrasi

Tabel wajib disiapkan dengan format dari fitur Ms Word dan pastikan bahwa masing-masing data dimasukkan secara manual, tidak menggunakan tab, spasi, grafis dan kotak. Tabel dan Ilustrasi harus di rujuk ke dalam teks. 

Harap dicatat bahwa semua hal di atas dan kolom kiri harus dimulai dengan huruf Besar/Kapital. Jangan gunakan garis vertikal di table.

Semua teks berupa paragraf harus menggunakan rata kiri. Untu data numerik hanya menyelaraskan kolom angka dengan poin desimal.tuliskan Nol sebelum titik desimal angka kurang dari satu (seperti 0,1)

Referensi

Tulis referensi sesuai dengan permintaan template JMI, dimana semua kutipan harus ditulis menurut urutan abjad.

Proofs

Proof dari artikel akan dikirimkan dalam format PDF melalui email dari penulis. Dokumen Proof harus dicek oleh penulis secara terperinci, dan dikebalikan kepada editor JMI dalam 5 hari kerja. Tim editorial JMI tidak bertanggung jawab apabila terdapat kesalahan dalam artikel jika dalam lima hari penulis tidak mengembalikan artikelnya

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.